Masih Bingung Mau Nyoblos Atau Ga?

Pemilu tanggal 9 April 2014. Sudah punya calon untuk dipilih? Atau masih bingung antara milih dan tidak?

Begini, buat yang milih tanggal 9 nanti, saya akan kasih beberapa saran. Semoga bisa membantu.

Pilih sesuai hati nurani. Kadang mendengar kata hati tak ada salahnya. Walaupun belum tentu benar, paling tidak hati nurani tidak dipengaruhi oleh faktor dari luar. Meskipun pada akhirnya calon yang anda pilih tidak menang, setidaknya anda sudah menggunakan hak suara anda dengan benar.

Jika ragu akan partainya, langsung lihat individu calegnya. Semua partai tidak ada yang bersih dari korupsi. Termasuk partai yang baru sekalipun tidak menjamin akan bersih dari korupsi. Jika sudah begini anda lebih baik melihat langsung ke individunya saja,

Yang terkenal belum tentu jaminan. Memilih orang yang terkenal sebelum masuk ke dunia politik belum tentu jaminan dia akan bisa berhasil menjad anggota dewan. Cermati baik-baik calon-calon yang ada di daerah pemilihan anda agar hak suara anda tidak terbuang sian-sia.

Jika dia kurang terkenal, cari track recordnya. Rekam jejak ini penting karena kita bisa tau apa saja yang dilakukan oleh calon kita sebelum masuk ke dunia politik. Cari sampai selengkap-lengkapnya jika perlu, agar kita tau caleg/capres yang kita pilih memang betul-betul mempunyai kualitas yang bagus. Jika rekam jejak saja tidak cukup, coba buka forum-forum yang membahas capres/caleg. Kita bisa tau calon yang kita pilih itu punya lebih banyak rekam jejak yang buruk atau rekam jejak yang baik.

Pastikan anda terdaftar sebagai calon pemilih. Ini paling penting. Kalo anda sudah cape-cape datang trus ga ada didaftar calon pemilih,kan anda sendiri yang malu. Nah jika anda tidak punya cukup waktu untuk melihat daftar calon pemilih ke kantor KPU terdekat, bisa lewat online,kok ke kpu.go.id 
Baliho Kampanye for Dummies by @anggrilukman

Saya kira itu pertimbangan-pertimbangan yang harus anda pikirkan terlebih dahulu sebelum memilih calon anda ke TPS nanti.

Yang perlu diperhatikan adalah peduli itu anda ingin golput atau tidak, lebih baik anda datang ke TPS. Ini penting ! Meskipun saya yakin permainan curang tidak akan ada, akan tetapi tidak ada salah mencoblos surat suara dan membuat surat suara itu terlihat seperti digunakan. Karena ada saja orang-orang yang memanfaatkan surat suara yang kosong untuk menambah suara dari calon-calon yang didukungnya. Gunakan hak suara anda dengan maksimal, jika tidak ada yang anda pilih, 'rusak' saja surat suaranya agar tidak disalahgunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Itu tadi pesan dari kokoh ganteng @ernestprakasa sewaktu dia melakukan tur standupnya yang bertajuk "ILLUCINATI" beberapa waktu lalu di kota saya. hehehe

Yang terpenting dari semuanya, jangan pilih caleg yang masang foto/pamflet/selebaran atau apapun itu namanya dengan cara memakunya di pohon ! belum jadi anggota legislatif saja sudah ga peduli sama lingkungan. Gimana kalo beneran jadi?

Terlepas dari itu semua, mau anda memilih atau tidak, saya harap kita semua saling dukung dengan pemerintah terpilih nanti. Tanpa terkecuali. Meskipun itu adalah pemimpin yang buruk menurut anda. Mari kita dukung pemerintah ke arah yang lebih baik untuk Indonesia yang lebih baik lagi. Jika bukan kita yang mendukung, siapa lagi?

Artikel Terkait

Masih Bingung Mau Nyoblos Atau Ga?
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

2 comments

February 9, 2014 at 1:11 PM delete

2014? Saya akan....... (mencoblos dong) pastinya !

Reply
avatar
February 9, 2014 at 3:08 PM delete

sip,mba ! harus nyoblos pokoknya :D

Reply
avatar

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan isi dari tulisan ini. Hargai dengan tidak berkomentar sekadar hanya untuk menaruh link blog anda. Terimakasih. Buat yang terindikasi spammer, akan langsung saya hapus dan report spam.