Manfaat Standup Comedy

Standup Comedy merupakan hal yang baru bagi masyarakat Indonesia, bagi yang belum mencobanya, saya akan paparkan beberapa alasan mengapa kalian harus mencobanya suatu saat.

1. Jadi Sarana Mengatasi Rasa Gugup
Yang pertama kali coba SUC pasti pernah mengalami gugup yang luar biasa. Saya juga waktu pertama kali mencobanya. Namun jika sudah terbiasa, maka gugup itu pun akan terkontrol dengan sendirinya. Banyak-banyaklah ikut openmic, semakin sering ikut, semakin mudah untuk kita melatih rasa gugup. Tips yang saya dapat dari teman-teman yang sudah sering openmic untuk mengatasi rasa gugup : sebelum naik panggung, tarik nafas panjang lalu hembuskan perlahan, buat seluruh anggota badan rileks agar tidak kaku di panggung, kemudian berdoa.

2. Menguatkan Hafalan
Semua comic wajib menghafal materinya sendiri. Oleh karena itu materi harus sering-sering dilatih. Sewaktu openmic usahakan tidak membawa cacatan materi agar kita bisa tes kemampuan hafalan kita. Meskipun dalam ajang latihan sah-sah saja membawa catatan, namun usahakan jangan terbiasa melihat catatan. Dan untuk show, tidak boleh sama sekali membawa catatan. Karena sewaktu show materi yang disampaikan adalah materi yang sudah 'matang' dan sudah dites berulang-ulang saat diopenmic. Seharusnya tidak memerlukan catatan lagi.

3. Melatih Kemampuan Berbicara
Standup Comedi juga bisa dijadikan ajang untuk melatih kemampuan berbicara. Karena tidak banyak orang yang mampu berbicara sendiri di depan panggung dan membuat penonton tertarik akan apa yang dibicarakannya. Kita bisa melatih intonasi, ekspresi, diksi kita dalam berbicara. Beda sedikit saja dalam pemilihan diksi/intonasi dalam berbicara, akan mempengaruhi performa kita di atas panggung.

4. Percaya Diri
Setiap comic harus percaya diri akan materinya sendiri. Jika comic saja tidak bisa percaya pada materinya, bagaimana orang lain bisa menikmati? Percaya pada materi sendiri walaupun ga lucu itu lebih baik daripada percaya pada materi yang ngejiplak materi orang lain tapi lucu. Menurut saya,sih. hehehe.

5. Melatih Kepekaan Akan Lingkungan Sekitar
Untuk menjadi Standup Comedian, sudut pandang pribadi adalah poin penting. Maka dari itu comic haruslah punya kepekaan terhadap apa yang terjadi pada lingkungan sekitarnya. Entah itu dari rumahnya, sekolah/kampus/kantornya, pacarnya sendiri, atau yang lebih umur seperti kejadian-kejadian di televisi/postingan aneh di twitter/facebook dan lain-lain.. Semakin peka seorang comic akan suatu kejadian di sekitarnya, maka akan semakin luas jangkauan materi yang dimiliki.

6. Melatih Menulis
Kebanyak komika itu harus punya kemampuan menulis yang baik. Karena materi sebelum dihafal harus ditulis terlebih dahulu. Teknik menulis materi itu tergantung dari comic masing-masing. Ada yang menulis hanya keyword materinya saja, ada yang menulis menggunakan mind map, ada juga yang menulis semua kata yang akan diucapkan. Terserah, sama saja sebenarnya. Yang penting, semakin sering menulis materi, semakin kita tau sejauh mana kemampuan menulis kita.

7. Mendapatkan Uang
Semakin profesional seorang comic, tentu value nya akan semakin meningkat. Dan sudah pasti akan mendapat bayaran tiap kali tampil di sebuah show. Semakin tinggi kelas shownya, misalnya masuk ke stasiun tv, maka semakin mahal bayarannya. Tentu hal ini tidak akan didapatkan dengan mudah, harus sering-sering latihan dan rajin mengolah materi.

Saya itu adalah beberapa manfaat dari menggeluti Standup Comedi yang saya dapat dari berbagai sumber. Semoga menginspirasi anda-anda yang membacanya, dan menjadi tertarik untuk ikut mencoba SUC di daerahnya masing-masing. Jika ada yang kurang berkenan silahkan sampaikan komentar di bawah postingan ini atau mention saya langsung ke twitter. Salah khilaf mohon dimaafkan.

VIVA LA KOMTUNG !

Artikel Terkait

Manfaat Standup Comedy
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

4 comments

February 19, 2014 at 3:36 PM delete

iya bener gan. saya juga ikut komunitas Stand Up Comedy. dan terasa manfaatnya. dulu masih awal gabung bicaraku belepotan, kecepeten tapi setelah belajar bisa tenang dan juga bisa menghadapi audiens yang random.
ngomong2 comic juga gan? salam kenal ane dari @StandUpIndo_JBR :D

mampir yak http://sirajuddinabraham.wordpress.com

Reply
avatar
February 19, 2014 at 5:57 PM delete

dulu saya sempat jadi comic di kota saya. Cuman sekarang lagi vakum, mau fokus sama kuliah dulu gan :D salam buat anak-anak Jember :D

Reply
avatar
March 23, 2014 at 1:35 PM delete

Kayaknya seru juga ya jadi comic.
Tapi untuk sekarang belum pengen deh, masih sibuk ehe :v

Reply
avatar
May 17, 2017 at 12:07 AM delete

Wahaha klo sibuk mah kelarin dulu kerjaannya baru deh jd comic

Reply
avatar

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan isi dari tulisan ini. Hargai dengan tidak berkomentar sekadar hanya untuk menaruh link blog anda. Terimakasih. Buat yang terindikasi spammer, akan langsung saya hapus dan report spam.