Jangan sia-sia kan si penyabar

Ketika menghadapi cobaan, maka lebih baik bersabar. Ketika menghadapi kesulitan keuangan, bersabar. Ketika mencintai seseorang yang menyebalkan, bersabar. Ketika harus kehilangan orang yang disayang, bersabar. Intinya kita selalu dianjurkan untuk bersabar. Dalam keadaan apapun, termasuk dalam keadaan bahagia.

Namun terkadang ada orang-orang yang mempunyai kesabaran yang terbatas.
Saya ingat vokalis The Panas Dalam yang dikenal dengan sebutan 'ayah' @pidibaiq pernah membuat tweet seperti ini 
Sabar itu tidak ada batasnya, yang membuat batas hanyalah manusia
Itu memang benar adanya.
Jadi ketika menemukan pasangan yang punya kesabaran yang seperti tanpa batas atau paling tidak, sabarrrr sekali menghadapi diri kalian yang mood nya sering naik turun, maka pertahankanlah !
Sangat sulit untuk menemukan yang seperti itu. Mereka itu seperti harta karun yang terpendam. Semua orang ingin memilikinya. Nah, jika kamu sudah punya 1, jagalah baik-baik.

Jika dia penyabar, seberapa menyebalkan pun kamu dihadapannya, dia akan tetap tersenyum dihadapanmu. Dia akan tetap tersenyum saat marah padamu. Dia akan menunggu sampai marahmu reda, ketika dirimu marah padanya. Dia yang lebih dulu minta maaf walaupun dia tau bukan dia yang melakukan kesalahan, agar kamu tidak menunjukkan muka merengutmu. Dia tau jika kamu merengut, muka kamu jelek ! hehehe
Dia akan mendengarkan keluh kesahmu tiap saat di kala kami tidak pernah mau mendengarkan keluh kesahnya. Dia tidak pernah marah akan hal itu. Semarah-marahnya si penyabar, dia pasti akan menggunakan bahasa yang sehalus mungkin untuk menegurmu, sebab orang penyabar tau, bagaimana rasanya ditegur orang dengan caranya yang tidak baik.

Kamu harusnya peka ketika punya pasangan tipe penyabar seperti ini, karena dia tidak akan menunjukkan emosi yang berlebihan, setidaknya dihadapanmu. Jadi harus pintar baca situasi.
Tapi orang penyabar bukan berarti tertutup. Orang penyabar beda dengan introvert. Introvert masih bisa diketahui mana moodnya dia ingin bicara, mana moodnya dia ingin diam. Orang penyabar sedikit lebih sulit untuk dilihat. Hanya orang-orang yang mengenalnya dekat saja yang tau. Orang penyabar akan melampiaskan emosinya dengan caranya sendiri. Jika introvert hanya memendam emosinya dalam dirinya sendiri, maka si penyabar bisa melampiaskannya lewat lagu, tulisan, nafsu makan yang tinggi dan sebagainya.

Saya seneng banget sama gambar yang satu ini :
Dapet dari akun path teman saya

Ya memang terkadang hubungan yang berlangsung cukup lama bisa membuat bosan,  wajar. Tapi jangan sampai ceroboh sehingga berniat untuk pergi. Seperti yang saya tulis, orang yang punya sabar tak terbatas itu seperti harta karun. Jika kamu tinggalkan begitu saja, orang lain sudah siap-siap mengambilnya.
Uang bisa dicari, harta bisa dibeli, kecantikan bisa diganti, kesabaran dan kejujuran tak bisa dibeli atau diganti. Percaya saja, jika memang dia mencintaimu dengan tulus, dia pasti sabar dan akan selalu jujur padamu.
Ingat, orang penyabar bukan berarti bisa diperlakukan seenaknya. Jangan mentang-mentang dianya sabar sekali ngehadapin kamu, kamunya malah seenaknya perlakuin dia. Dia manusia, juga punya hati, jika memang sayang dan cinta, perlakukanlah seperti menyayangi dan mencintai seorang manusia.

Buat cowo, kalo punya cewe penyabar, perlakukanlah dia seperti selayaknya wanita ingin diperlakukan
dari akun twitternya @lexdepraxis

Ga mau kan kejadian kaya gitu?
Buat cewe, sama juga. Perlakukan cowo kalian yang penyabar itu selayaknya lelaki ingin diperlakukan. Kalo cowo udah sayang dan cinta, mereka bakalan tulus ngelakuin apa aja buat kalian, asal kalian melakukan hal yang sama.
udah ada tuh sumbernya di gambarnya

Jangan sampe kalian ngerubah lelaki penyabar jadi seperti itu,ya ! Jangan-jangan nanti kalian para cewe ga bakal bisa lagi ngedapetin lelaki penyabar di muka Bumi ini. Hiiii !! Saya ga bisa ngebayangin kalo beneran kejadian kaya gimana.

Buat yang masih belum punya pasangan, juga harus sabar. Belajar bersabar dari sekarang, biar pas punya pasangan ga kaget lagi ngehadapin cobaan-cobaan yang ga bakal kalian duga.
Ga gampang buat punya sabar unlimited itu. 
Tapi, jangan juga doa kaya gini,ya..
-_-
Tuhan juga ga bakal suka kalo kalian doanya kaya gini. Yang wajar aja doanya, kalo mau sambil diajak becanda juga gapapa,kok. Serius, Tuhan itu Maha Humoris. hehehe
Aamiin
Pantaskan diri untuk jadi si penyabar ya,guys. Kalo udah nentuin kriteria calon pasangan, jangan lupa buat nambahin sabar dan jujur dalam syarat utama.

Mimpi Sederhana

Mimpi Sederhana

Nama saya Radhian, dan saya masih berjuang untuk lulus pada semester ini. Bukan saja berjuang untuk menyelesaikan TA( Tugas Akhir) saya, saya juga berjuang untuk memperoleh IPK yang sesuai standar perusahaan dan instansi-instansi zaman sekarang.

Sebelum semuanya itu terlewati, saya sudah menyusun rencana jangka panjang saya. Setidaknya 2-3 tahun ke depan. Jika telah menyelesaikan kuliah, kemungkinan saya akan mencari pekerjaan di luar Kalimantan. Saya rasa Bandung kota yang cocok untuk saya. Pertama kali liburan ke Bandung, saya langsung jatuh hati dengan kota itu. Walaupun kelihatannya macet, itu saya rasa karena pengaruh akhir pekan dan libur panjang saja. Kenapa ke Bandung? entahlah. Hati kecil saya mengatakan saya harus ke situ saat saya sudah lulus.
Alternatif lain jika saya tidak ingin ke Bandung, mungkin saya akan ke Jakarta. Saya tau hidup di Jakarta itu sulit, tetapi mudah-mudahan saya tidak mengalaminya. Saya sudah cukup mengalami hidup sulit di sini.

Mungkin Ibu saya orang pertama yang akan menolak kepergian saya nanti. Mengingat saya hanya anak tunggal. Tentu saya bisa mengerti kekhawatiran Ibu saya. Kalo mengingat Ibu, pastilah saya tidak akan pernah bisa berangkat ke luar pulau. Hati saya akan selalu merindukannya. Tetapi jika saya hanya di sini saja, saya kira tidak akan efektif. Entahlah, pikiran saya sedang tidak menentu sekarang ini.
Soal diremehkan, saya sudah terbiasa. Saya menyadari badan saya yang kecil ini akan selalu dipandang sebelah mata oleh orang-orang. Tidak masalah, saya akan buktikan badan kecil saya tidak akan menjadi halangan saya untuk menjadi orang yang sukses nanti. Malah bisa melebihi orang-orang yang meremehkan saya. hehehe

Alasan saya yang lain mengapa saya ingin sekali ke Bandung adalah di sana terdapat komunitas Standup Comedy. Memang di sini pun ada, akan tetapi saya rasa belum cukup jika saya hanya menyerap ilmu dari sini. Saya harus langsung ke gudangnya ilmu Standup di Indonesia, dan menurut saya Bandung kota yang relatif pas dengan kriteria itu, meskipun para comic pasti langsung berkiblat ke Jakarta.
Saya ingin mengulang ilmu SUC saya dari awal lagi, agar bisa benar-benar belajar dari mereka yang sudah profesional.
Saya dulu pernah berangan-angan punya standup show special sendiri, kemudian di akhir acara saya memperkenalkan anak dan istri saya sebagai orang yang selama ini menemani saya di kala suka maupun duka. Membayangkannya saja saya sudah senyum-senyum sendiri hahaha.
Tentunya saya harus mendapatkan pekerjaan tetap dahulu sebelum meneruskan keinginan saya menjadi comic lagi.
Itu mimpi sederhana saya. Mimpi yang utama adalah bisa membahagiakan orang tua saya dan pasangan saya saat ini agar tetap selalu awet sampai ke jenjang yang lebih serius lagi. Aamiin.

Tertutup atau Sexy?

Lelaki pada dasarnya menyukai perempuan cantik. Entah itu cantik parasnya, cantik kelakuannya, atau mungkin cantik isi dompetnya. hehehe

Ilustrasi. via ikeantikaad.blogspot.com

Cantik dalam pandangan lelaki tentu tidak akan sama standarnya. Lelaki menentukan cantiknya wanita bisa dari berbagai sisi. Bisa wajahnya, matanya, hidungnya, dadanya, atau punggungnya. Kalo ada cowo yang suka ngeliat punggung cewe, ada kemungkinan cewe ini belakanggenic (cuman enak dilihat dari belakang) hehehe :D

Ada kemungkinan cewe ini belakanggenic
Intinya, cantik itu relatif. Cantik bisa saja karena pintar berpakaian, dalam artian, tidak perlu dandan menor sana sini, cukup dandan minimalis dan keliatan natural serta tau situasi dan kondisi harus berpakaian seperti apa. Itu udah cantik. Cantik bisa juga karena pakaiannya yang seksi dan terbuka, tipe yang seperti sering bikin mata lelaki melotot melihatnya.  Wajar, karena memang sifat alami lelaki seperti itu. Kalo lelaki ngeliat lelaki lain pake hotpants matanya sampai melotot patut dicurigai itu. hehehe

contoh. via vemale.com
Cantik itu bisa juga karena memakai jilbab, untuk lelaki yang muslim, meliat wanita berjilbab itu bisa membuat matanya 'adem'. Memang benar apa yang sering dikatakan orang, bahwa wanita berjilbab itu kecantikannya bisa meningkat berkali kali lipat dari tidak berjilbab.

Tren hijab zaman sekarang. via perempuan.com
Masalahnya, terkadang lelaki yang punya pasangan selalu menginginkan pasangannya berpakaian tertutup. Dan si wanitanya pasti akan selalu bilang begini "Ih, kamu ini nyuruh aku pake baju tertutup, cewe lain pake hotpants diliatin terus" hahaha. Bener juga, tapi lelaki punya alasan, setidaknya untuk saya pribadi.

Pakaian kerja juga bikin wanita cantik.
Menurut saya, sederhananya ada 2 kelompok wanita di dunia ini yang paling dominan. Pertama, wanita yang bisa dijadikan pasangan hidup, yang pakaiannya rapi, sederhana, namun tetap cantik tanpa harus berdandan yang 'wah' kalo bisa tertutup mengenakan jilbab, itu jadi nilai tambah yang bagus. Dan yang kedua adalah wanita yang hanya bisa dilihat penampilannya saja. Dalam arti pakaian yang serba glamour, berlebihan, dandanan yang menor sana sini, sampai jelas keliatan bedanya antara muka yang putih dan leher yang hitam, pakaian yang sexy, baju kekecilan dan dada yang busung-busungkan agar terlihat menonjol. Tipe yang ke 2 ini kurang cocok untuk dijadikan pasangan hidup, kenapa?
Tidak pakai hijab pun tetap bisa cantik, tanpa harus memakai pakaian terbuka. via fairystarmoon.blogspot.com

Lelaki itu egonya sangat tinggi, sifat alaminya, saat dia memiliki sesuatu, tentu dia tak kan mau sesuatu yang dimilikinya itu dimanfaatkan orang lain. Maksudnya seperti ini, jika lelaki mempunyai pasangan yang masih suka memakai pakaian yang terbuka, ada kemungkinan lelaki itu akan menyuruh pasangannya untuk segera berpakaian yang lebih tertutup. Karena lelaki tidak mau tubuh wanita yang dicintainya itu jadi bahan kenikmatan mata-mata lelaki yang mesum. Saya rasa semua lelaki tau itu.

Jika kemudian timbul pertanyaan, kenapa masih ada saja pasangan yang membiarkan wanitanya memakai pakaian sexy saat bepergian keluar rumah? bisa jadi karena lelakinya sendiri yang acuh terhadap wanitanya dan menyukai ketika pasangannya berpakaian seperti itu. Atau kemungkinan si wanitanya yang memang bandel tidak mau mendengarkan pasangannya.

Lelaki manapun dominannya menyukai wanita yang berpakaian sexy. Tapi untuk pasangan hidupnya, lelaki pasti menginginkan wanitanya berpakaian sexy hanya untuk dirinya. Makanya jangan heran ketika si lelaki mempunyai pasangan yang berpakaian tertutup (minimal tidak memakai hotpants/rokmini) lalu kemudian dia melihat ada wanita yang berpakaian sexy (pakai hotpants,baju belahan dada terlihat) mereka pasti menengok. Itu alamiah. Tetapi lelaki yang baik tau, perempuan seperti itu tidak cocok untuk dijadikan pasangan hidup.
SNSD. Satu Nyanyi Sisanya ngeDance. via wanitagaya.com
Kembali keselera masing-masing. Buat saya, lebih memilih pasangan berpakaian yang rapi dan tertutup, minimal tidak memakai hotpants atau rokmini kemanapun. Sexynya hanya untuk saya, ga mau bagi-bagi.
Yang terpenting adalah bukan siapa yang lelaki lihat lebih lama, tetapi siapa yang dipilihnya untuk mendamping hidupnya lebih lama.

Hapuskan UN (Ujian Nyusahin) !

Saat dulu heboh-hebohnya soal permasalahan UN, saya punya ide untuk menghapuskan UN untuk adik-adik SD, SMP, SMA dan sederajatnya. Ide saya ini bukan tanpa alasan, ada beberapa hal yang membuat saya merasa bahwa UN tidak memberikan pengaruh banyak untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Ganti aja namanya, Ujian Nyusahin
1. Namanya sering ganti-ganti. Ini menunjukkan ketidakkonsistenan pemerintah dalam memberlakukan UN. Dulu waktu zaman saya namanya EBTA, terus berubah jadi EBTANAS, berubah lagi UAN, sampai sekarang berubah lagi jadi UN. Ini lama-lama saya mau usul sama pemerintah kalo mau ngasih nama lagi buat UN, kasih aja CN Cobaan Nasional. Biar spesifik aja gitu.

Seperti inilah analogi Ujian Nyusahin
2. UN itu bukan Ujian Nasional, tapi Ujian Nyusahin ! kenapa nyusahin? pertama, ujian SMAnya telat daripada SMP, ini jangan jangan banyak yang ga pake pil KB jadi sampe telat gini. Kedua, kertas soalnya gampang sobek, kertas kok gampang sobek? emang karcis nonton bioskop? lagian karcis nonton bioskop itu aneh ya, kita beli mahal-mahal 40ribu, mau masuk malah disobek. Ketiga, LJKnya tipis. Lain kali LJKnya jangan kertas lagi, pake pembalut aja. Kan enak habis ujian bisa dipake lagi.



3. Paketnya beranak. Produktif banget. Dulu paketnya cuma 2, 3, 5, 7 sampe sekarang ada 20 ! setaun bisa jadi 20. Panda aja ga nyampe 20 anak dalam setaun. Panda itu setaun cuma ngelahirin paling banyak 2 anak. Bayangin aja. Panda dikalahin sama UN. Mestinya pemerintah Indonesia belajar sama pemerintah Jepang,ya. Gimana caranya biar ngantisipasi ledakan jumlah paket UN. Jadi paketnya ga meledak sampe 20 gitu. hehehe

Patrick aja stress. Apalagi manusia?


4. Mendikbudnya aneh-aneh tingkahnya. Ketika wartawan nanya "Bapa UN kacau balau, rakyat nuntut bapa mundur, pendapat bapa?" dia jawab "Saya mundur,kok. Ini saya mundur" dia jawab gitu sambil jalan mundur. Menteri mana yang becandain tuntutan rakyat,sih? Jadi wakil rakyat malah gitu. Malu-maluin rakyatnya aja. Lain kali kita mesti milih wakil yang becandanya tau situasi dan kondisi dulu, biar ga bikin malu.


Itulah beberapa alasan saya mengapa UN harus ditiadakan. Semoga menginspirasi pemerintah untuk segera melaksanakannya :D
jangan sampai makin banyak yang stress

How Wolves Change Rivers


At this video we can see how ecosistem works perfectly.

See more video and subscribe their youtube channel at Sustainable Man

Korelasi hajatan nikah dengan dangdutan

Korelasi hajatan nikah dengan dangdutan

Misteri terbesar yang sampai sekarang belum terpecahkan selain bagaimana pembangunan piramida pada zaman dahulu adalah korelasi hajatan nikah dengan dangdutan. Kata bang @pandji, dalam salah satu acara SUC : "Sesuatu yang tidak bisa dijelaskan akal sehat itu orang sering bilang ini pasti perbuatan alien" Nah saya menduganya, hajatan nikah yang didangdutin ini adalah perbuatan alien ! Soalnya sampai sekarang ini masih jadi misteri.

Sering saya berfikir, mengapa orang begitu menginginkan ada dangdutan dihajatannya? Ya saya tau itu hiburan rakyat, tak masalah. Yang salah adalah ketika dangdutan, yang dinyanyikan justru lagu-lagu yang bukan tema pernikahan, malah ke penderitaan, curhat, kejahatan, dan lain-lain.

Heran saya, kenapa harus menyanyikan lagu-lagu yang seperti itu? Setidaknya lagunya yang ceria sedikit, orang nikahan,kan lagi bahagia, bukan sedang melakukan kejahatan atau menderita.

Coba bayangkan, orang yang sedang bahagia tau-tau mendengarkan lagu yang judulnya "Mandul", (yang ga tau lagu mandul gimana liriknya, bisa ke sini) maksudnya apa coba? pengantinnya didoain mandul,gitu? astaga -_- dan saya kira lagu ini adalah 'lagu kebangsaan' orang nikahan, tiap kali saya menghadiri undangan resepsi kawinan, lagu ini selalu nongol.

Parahnya lagi, bukan cuma mandul yang dinyanyikan, masih banyak lagi judul-judul lagu dangdut yang ga semestinya dinyanyikan saat nikahan, sebut saja seperti mabok janda, jatuh bangun, bisik-bisik tetangga, oplosan sama goyang-goyangnya, dan judul-judul yang lain. Maksud saya begini, itu,kan pesta pernikahan, janganlah dinyanyikan lagu-lagu yang 'negatif' seperti itu, nyanyikanlah lagu yang gembira, yang mendoakan kebaikan bagi ke 2 mempelai, yang bahagia gitu lo.

Aneh aja rasanya ketika harusnya mereka didoakan langgeng tau-tau dinyanyiin lagu mabok janda. Saya tidak menjelekkan dangdutnya, hanya saja kurang tepat kalo harus menyanyi dengan judul seperti itu.

Intinya kembali kepada pribadi masing-masing,sih. Urusan suka atau tidak suka soal dangdut ya terserah saja. Yang penting jangan rusuh di pesta orang, apalagi sampai mabok-mabokan segala. Hargai yang punya acara.
Nikah itu acara yang sakral, terjadi cuma sekali seumur hidup. Sudah sepatutnya dirayakan dengan meriah. Semoga siapapun yang menikah, didoakan selalu bahagia dengan selamat. Dan dinyanyikan lagu-lagu yang bahagia :)

Ingin malu atau dipermalukan?

Pagi ini sebuah artikel dari NatGeo Indonesia menggelitik rasa malu saya akan Indonesia.
Berawal dari tulisan seorang warga Negara Bulgaria, yang menulis dengan judul yang ofensif "Bandung, The City of Pigs" di sini 
Saya bukan orang Bandung, namun saya secara tidak langsung ikut malu. Karena orang luar negeri menilai warga Bandung, yang seingat saya itu juga warga Negara Indonesia, hidup dalam lingkungan yang lebih kotor daripada tempat tinggal babi.

Sebegitu kotor,kah?

Mungkin iya, mungkin tidak. Relatif. Tapi yang terpenting adalah, artinya kesadaran masyarakat untuk hidup bersih masih sangat kurang. Termasuk di kota saya sendiri.
Di sini dikenal dengan julukan 1000 sungai, karena kota ini dikelilingi oleh aliran sungan yang panjang dan besar. Banjarmasin. Itu kota tempat saya tinggal.
Karena banyak sungai, otomatis banyak masyarakatnya yang tinggal di pinggiran sungai. Dan melakukan kegiatan sehari-hari di atasnya. Termasuk membuang sampah/kotoran. Saya pernah melakukan wawancara dengan salah satu ketua RT di lingkungan dimana banyak masyarakatnya tinggal di pinggiran sungai. Dan ternyata masih banyak warga yang membuang sampahnya ke sungai. Karena menurut mereka lebih gampang membuang ke sungai daripada harus ke TPS.

Jika masih ada orang yang membuang sampahnya ke sungai, kenapa TPS tetap saja selalu menumpuk sampah? Jika kita menghitung jumlah sampah yang dibuang ke sungai, dan kita kumpulkan, mungkin jumlah akan menyamai jumlah timbulan sampah di TPS.
Jika memang demikian, maka lingkungan di kota Banjarmasin pun tak kalah kotor dari Bandung. Seharusnya kita malu, karena untuk sampah saja sudah malas membuang ke tempatnya. Di Banjarmasin ini banyak orang yang memakai mobil-mobil mewah dan berkelas, tapi terkadang masih saja ada yang melempar sampah sembarangan ke luar jendela. Memalukan !


Pilih mana? malu karena membuang sampah sembarangan, atau dipermalukan orang lain karena tingkah laku yang menjijikkan itu?
Ubah perilaku dari sekarang, sebelum semuanya terlambat. Mencegah selalu lebih baik daripada mengobati. Sehat itu mahal harganya. Budayakan hidup sehat sedari kecil agar tua-nya nanti menjadi panjang umur.
STOP BUANG SAMPAH SEMBARANG ! STOP MENCEMARI LINGKUNGAN SENDIRI !

Manfaat Standup Comedy

Manfaat Standup Comedy

Standup Comedy merupakan hal yang baru bagi masyarakat Indonesia, bagi yang belum mencobanya, saya akan paparkan beberapa alasan mengapa kalian harus mencobanya suatu saat.

1. Jadi Sarana Mengatasi Rasa Gugup
Yang pertama kali coba SUC pasti pernah mengalami gugup yang luar biasa. Saya juga waktu pertama kali mencobanya. Namun jika sudah terbiasa, maka gugup itu pun akan terkontrol dengan sendirinya. Banyak-banyaklah ikut openmic, semakin sering ikut, semakin mudah untuk kita melatih rasa gugup. Tips yang saya dapat dari teman-teman yang sudah sering openmic untuk mengatasi rasa gugup : sebelum naik panggung, tarik nafas panjang lalu hembuskan perlahan, buat seluruh anggota badan rileks agar tidak kaku di panggung, kemudian berdoa.

2. Menguatkan Hafalan
Semua comic wajib menghafal materinya sendiri. Oleh karena itu materi harus sering-sering dilatih. Sewaktu openmic usahakan tidak membawa cacatan materi agar kita bisa tes kemampuan hafalan kita. Meskipun dalam ajang latihan sah-sah saja membawa catatan, namun usahakan jangan terbiasa melihat catatan. Dan untuk show, tidak boleh sama sekali membawa catatan. Karena sewaktu show materi yang disampaikan adalah materi yang sudah 'matang' dan sudah dites berulang-ulang saat diopenmic. Seharusnya tidak memerlukan catatan lagi.

3. Melatih Kemampuan Berbicara
Standup Comedi juga bisa dijadikan ajang untuk melatih kemampuan berbicara. Karena tidak banyak orang yang mampu berbicara sendiri di depan panggung dan membuat penonton tertarik akan apa yang dibicarakannya. Kita bisa melatih intonasi, ekspresi, diksi kita dalam berbicara. Beda sedikit saja dalam pemilihan diksi/intonasi dalam berbicara, akan mempengaruhi performa kita di atas panggung.

4. Percaya Diri
Setiap comic harus percaya diri akan materinya sendiri. Jika comic saja tidak bisa percaya pada materinya, bagaimana orang lain bisa menikmati? Percaya pada materi sendiri walaupun ga lucu itu lebih baik daripada percaya pada materi yang ngejiplak materi orang lain tapi lucu. Menurut saya,sih. hehehe.

5. Melatih Kepekaan Akan Lingkungan Sekitar
Untuk menjadi Standup Comedian, sudut pandang pribadi adalah poin penting. Maka dari itu comic haruslah punya kepekaan terhadap apa yang terjadi pada lingkungan sekitarnya. Entah itu dari rumahnya, sekolah/kampus/kantornya, pacarnya sendiri, atau yang lebih umur seperti kejadian-kejadian di televisi/postingan aneh di twitter/facebook dan lain-lain.. Semakin peka seorang comic akan suatu kejadian di sekitarnya, maka akan semakin luas jangkauan materi yang dimiliki.

6. Melatih Menulis
Kebanyak komika itu harus punya kemampuan menulis yang baik. Karena materi sebelum dihafal harus ditulis terlebih dahulu. Teknik menulis materi itu tergantung dari comic masing-masing. Ada yang menulis hanya keyword materinya saja, ada yang menulis menggunakan mind map, ada juga yang menulis semua kata yang akan diucapkan. Terserah, sama saja sebenarnya. Yang penting, semakin sering menulis materi, semakin kita tau sejauh mana kemampuan menulis kita.

7. Mendapatkan Uang
Semakin profesional seorang comic, tentu value nya akan semakin meningkat. Dan sudah pasti akan mendapat bayaran tiap kali tampil di sebuah show. Semakin tinggi kelas shownya, misalnya masuk ke stasiun tv, maka semakin mahal bayarannya. Tentu hal ini tidak akan didapatkan dengan mudah, harus sering-sering latihan dan rajin mengolah materi.

Saya itu adalah beberapa manfaat dari menggeluti Standup Comedi yang saya dapat dari berbagai sumber. Semoga menginspirasi anda-anda yang membacanya, dan menjadi tertarik untuk ikut mencoba SUC di daerahnya masing-masing. Jika ada yang kurang berkenan silahkan sampaikan komentar di bawah postingan ini atau mention saya langsung ke twitter. Salah khilaf mohon dimaafkan.

VIVA LA KOMTUNG !

Berguru Kepada Binatang

Dalam kitab suci selalu dikatakan bahwa manusia merupakan ciptaan Tuhan yang paling sempurna. Lebih mulia daripada binatang dan tumbuh-tumbuhan. Manusia diberi akal oleh Tuhan agar bisa berfikir. Tidak seperti binatang yang hanya diberi nafsu.
Akan tetapi terkadang kita sering kali melihat tingkah laku manusia tertentu yang seperti binatang, tidak berakal.
Contohnya sederhana saja, membuang sampah. Itu hal yang sepele sebenarnya. Namun, kadang masih saja terlihat ada yang malas sekali membuangnya ke tempat yang semestinya, meskipun sudah disediakan. Saya sering sekali melihat di jalan-jalan, banyak orang yang melempar sampah ke pinggir jalan dari jendela mobilnya. Padahal lokasinya bukan tempat pembuangan sampah. Saya heran, punya mobil mewah tapi buang sampah saja tidak becus.

Apa sulitnya menyimpan sampah sebentar di dalam mobil sambil menunggu ada tempat pembuangan sampah yang resmi di pinggir jalan? apa karena bau? jijik? hehehe aneh sekali, kita itu sudah simpan sampah sedari dalam perut. Tau yang namanya feses,kan? nah itulah sampah yang anda simpan dalam perut. Anda jijik dengan sampah yang disimpan dalam mobil anda yang cuman sebentar?hahahaha.. 
Begini, jika memang anda tidak ada kepedulian sama sekali terhadap lingkungan anda, anda tidak punya hak untuk protes ketika ada banjir, atau penyakit yang menyerang anda dan keluarga anda, gimana? adil,kan?hehehe Oleh karena itu, peduli-lah sedikit pada lingkungan anda, tidak perlu harus menanam pohon dan merawatnya sampai jadi besar dan tinggi, cukup mulai dari tidak membuang sampah sembarangan saja dulu.
Kalian tidak pernah,kan melihat berita dengan judul seperti ini ? "Wabah malaria melanda di Afrika Selatan, diduga penyebabnya adalah karena warga Jakarta jarang buang sampah" itu ga bakalan mungking terjadi. Perilaku kita yang membuat lingkungan di sekitar kita sehat atau tidak, bukan perilaku orang-orang yang bukan di wilayah kita.

Lingkungan memang punya kemampuan untuk 'menyembuhkan' diri mereka sendiri dari bahan pencemarnya, namun itu perlu proses yang lama. Jika bahan pencemar yang dibuang ke lingkungan sudah melebih ambang batas yang bisa ditolelir oleh lingkungan tersebut, proses penyembuhan alami tersebut akan menjadi semakin lama.
Saya punya gambar menarik yang menggambarkan bagaimana manusia itu sebenarnya 'kalah' dari binatang

manusia?

Gambar ini nyinyir manusia banget ! Sebagai manusia, yang katanya makhluk paling sempurna, untuk membuang sampah di tempatnya saja sulit sekali sepertinya. Hanya manusia yang meninggalkan jejak sampah seperti itu. Ironis.
Mungkin gambar itu masih belum seberapa, jika kalian melihat gambar ini, mungkin akan tertunduk malu

bahkan burung pun tau ke mana harus membuang sampah
Seharusnya, kita malu. Burung pun peduli akan lingkungannya. Padahal dia tidak berakal. Manusia? Hanya sebagiannya saja saya pikir. Manusia seharusnya berbalas budi terhadap lingkungannya. Karena manusia memanfaatkannya untuk keperluan sehari-hari, untuk tinggal dan berdiam di sana. Apa salahnya membantu lingkungan untuk tetap sehat, lingkungan yang sehat menjadikan makhluk hidup disekitarnya juga sehat. 
Jangan karena di lingkungan kita banyak orang-orang yang tidak peduli lalu kita ikut-ikutan tidak peduli. Masyarakat selalu berpikiran seperti ini "Ah, orang lain aja ga peduli, masa kita sendiri yang cape-cape peduli?" Mennn.. !! ini salah besarr !! Saya selalu menanamkan prinsip ini di mana pun, kalian juga bisa ikut : satu orang lebih baik daripada tidak ada sama sekali. 1 orang yang peduli dengan lingkungan yang sehat, lebih baik daripada tidak ada peduli sama sekali. Karena jika kita mengikuti orang banyak, bisa-bisa kita terkena imbas dari ketidakpedulian itu sendiri. Dan seperti yang saya tulis di atas, yang adil adalah, ketika anda tidak peduli dengan lingkungan anda sendiri, maka anda tidak berhak untuk protes kepada yang berwenang atau mendapatkan layanan kesehatan karena lingkungan anda kotor.

Kita seharusnya berguru kepada binatang, dan malu jika memang harus. Binatang lebih tau lingkungan yang semestinya seperti apa daripada manusia. Sederhananya seperti ini, jika tidak ingin menjadi bagian dari masalah, jangan menambah masalah. Jadi, jika tidak ingin menjadi murid binatang dalam hal kepedulian lingkungan, mulailah untuk peduli dari sekarang ! tidak ada kata terlambat untuk memulai sesuatu. Lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali. Mulailah peduli untuk diri sendiri terlebih dahulu.

Saya berandai-andai jika negeri kita seperti Swedia









Menonton Standup Comedy

Mungkin banyak yang sudah membahas tentang pertunjukkan standup comedy, namun jarang yang membahasnya dari sisi penonton. Saya akan coba bahas di sini.


Sumber : halakrantaumanagement.com


Menjadi penonton dalam sebuah show standup comedy, apalagi itu adalah show berbayar, itu bisa jadi 2 perannya, pertama adalah dia memang penikmat standup comedy dan berniat nonton ingin ketawa, dan yang ke-2 adalah dia ingin mengapresiasi si comic dan menghargai jerih payah panitia yang bekerja di balik show tersebut. Kalo menurut saya, jika anda termasuk kegolongan yang pertama, mungkin anda orang yang pertama kali menonton show SUC, tidak masalah. Namun, anda akan kecewa ketika si comic yang naik panggung tidak selucu yang anda harapkan. Wajar memang, ekspektasi anda pasti mengharapkan comic yang tampil harus lucu, dan ketika anda melihat perform si comic tidak seperti yang diharapkan, anda akan kecewa.

Jika anda termasuk ke dalam golongan yang ke-2, selamat ! anda telah masuk ke dalam penonton SUC pada level yang lebih tinggi ! pada golongan ke 2 ini, anda tidak akan mempermasalahkan apakah perform si comic ini lucu atau tidak, yang terpenting mereka datang dan menonton apa yang disuguhkan di panggung.

Mereka mengapresiasi usaha si comic untuk bisa mencapai panggung show besar si comic itu sendiri.
Mau anda masuk golongan pertama atau kedua tidak masalah, perannya sama-sama penting untuk perkembangan SUC. Karena tanpa penonton, comic tidak bisa berkembang dengan baik.

Oke sekarang mari membahas bagaimana menonton sebuah standup comedy show yang adil dan beradab. hehehe.
Penonton saat SUC Festival Pertama. Credit to yang punya foto.

Beberapa peraturan yang umum berlaku dalam setiap SUC Show berbayar antara lain adalah : 

Dilarang merekam, Jelaslah dilarang, kalian bayar untuk menonton sebuah show, bukan merekamnya. Buat diri kalian menjadi bagian eksklusif dari acara SUC show yang berbayar tersebut. Kalian sudah mahal-mahal bayar, biarkan kalian simpan kenangan bagaimana menonton SUC Show secara langsung tanpa sensor di tv dalam memori otak kalian saja.

Dilarang memoto dengan menggunakan blitz kamera. Dilarang membuang sampah sembarangan. Dilarang membawa senjata tajam. Dilarang nyimeng. Dilarang berbuat mesum. dan lain-lain.

Yang menurut saya paling penting adalah, penonton harus tenang. Jika tidak boleh dikatakan diam. Maksudnya adalah, penonton berlaku sewajarnya, saat harus ketawa, tertawalah, saat harus menjawab pertanyaan dari si comic, jawablah. Namun ketika si comic lagi menyampaikan materinya, penonton jangan mengganggu dengan teriakan-teriakan yang tidak penting. Saya sering sekali menjumpai penonton yang tidak sopan saat comic tampil. Mereka meneriaki si comic yang sedang menyampaikan materinya. Seakrab apapun kalian dengan si comic yang ada di panggung, kalian tidak berhak menyela mereka dengan teriakan yang tidak penting.

Pertama, itu mengganggu penonton yang lain. Kedua itu bisa juga mengganggu si comic. Teriakan tidak penting seperti itu bisa jadi bencana, bisa jadi hadiah buat si comic. Bisa jadi bencana ketika comic malah hilang konsentrasinya saat diteriaki penonton. Bisa jadi hadiah ketika si comic bisa membalikkan teriakkan tersebut menjadi sebuah joke, dan mendiamkan si penonton tersebut. Oiya, dalam SUC orang yang mengganggu saat comic perform itu dinamakan hackler, dan yang dilakukan hackler disebut dengan hackling.

Menurut beberapa comic, hackler halal untuk didiamkan ketika dia sudah benar-benar mengganggu konsentrasi comic. Comic bisa saja menegurnya dengan membalas hackling tersebut dengan sebuah joke, atau bisa juga menegurnya secara langsung. Penonton harus tau diri, ketika sudah ditegur seperti itu, lebih baik diam dan dengarkan. Biarkan comic memiliki panggungnya saat show itu. Sebenarnya tidak perlu ditegur, anda pikirkan saja baik-baik, jika anda berdiri sendiri di atas panggung dan ditatap langsung oleh ratusan orang gugupnya seperti apa. Jangan ditambah gugup dengan hackling an anda yang mengganggu.

Tidak gampang untuk melakukan perform seperti itu.

Anda boleh melakukan hackling ketika anda disuruh oleh comicnya, namun kita jarang menemui comic yang seperti ini karena pasti sulit melakukannya.


Terakhir, kalo nonton SUC show, apalagi kamu sudah bayar mahal-mahal buat beli tiketnya, jangan ngelakuin kaya mba yang ini ya hehehe

sumber : pandji.com

Masih Bingung Mau Nyoblos Atau Ga?

Pemilu tanggal 9 April 2014. Sudah punya calon untuk dipilih? Atau masih bingung antara milih dan tidak?

Begini, buat yang milih tanggal 9 nanti, saya akan kasih beberapa saran. Semoga bisa membantu.

Pilih sesuai hati nurani. Kadang mendengar kata hati tak ada salahnya. Walaupun belum tentu benar, paling tidak hati nurani tidak dipengaruhi oleh faktor dari luar. Meskipun pada akhirnya calon yang anda pilih tidak menang, setidaknya anda sudah menggunakan hak suara anda dengan benar.

Jika ragu akan partainya, langsung lihat individu calegnya. Semua partai tidak ada yang bersih dari korupsi. Termasuk partai yang baru sekalipun tidak menjamin akan bersih dari korupsi. Jika sudah begini anda lebih baik melihat langsung ke individunya saja,

Yang terkenal belum tentu jaminan. Memilih orang yang terkenal sebelum masuk ke dunia politik belum tentu jaminan dia akan bisa berhasil menjad anggota dewan. Cermati baik-baik calon-calon yang ada di daerah pemilihan anda agar hak suara anda tidak terbuang sian-sia.

Jika dia kurang terkenal, cari track recordnya. Rekam jejak ini penting karena kita bisa tau apa saja yang dilakukan oleh calon kita sebelum masuk ke dunia politik. Cari sampai selengkap-lengkapnya jika perlu, agar kita tau caleg/capres yang kita pilih memang betul-betul mempunyai kualitas yang bagus. Jika rekam jejak saja tidak cukup, coba buka forum-forum yang membahas capres/caleg. Kita bisa tau calon yang kita pilih itu punya lebih banyak rekam jejak yang buruk atau rekam jejak yang baik.

Pastikan anda terdaftar sebagai calon pemilih. Ini paling penting. Kalo anda sudah cape-cape datang trus ga ada didaftar calon pemilih,kan anda sendiri yang malu. Nah jika anda tidak punya cukup waktu untuk melihat daftar calon pemilih ke kantor KPU terdekat, bisa lewat online,kok ke kpu.go.id 
Baliho Kampanye for Dummies by @anggrilukman

Saya kira itu pertimbangan-pertimbangan yang harus anda pikirkan terlebih dahulu sebelum memilih calon anda ke TPS nanti.

Yang perlu diperhatikan adalah peduli itu anda ingin golput atau tidak, lebih baik anda datang ke TPS. Ini penting ! Meskipun saya yakin permainan curang tidak akan ada, akan tetapi tidak ada salah mencoblos surat suara dan membuat surat suara itu terlihat seperti digunakan. Karena ada saja orang-orang yang memanfaatkan surat suara yang kosong untuk menambah suara dari calon-calon yang didukungnya. Gunakan hak suara anda dengan maksimal, jika tidak ada yang anda pilih, 'rusak' saja surat suaranya agar tidak disalahgunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Itu tadi pesan dari kokoh ganteng @ernestprakasa sewaktu dia melakukan tur standupnya yang bertajuk "ILLUCINATI" beberapa waktu lalu di kota saya. hehehe

Yang terpenting dari semuanya, jangan pilih caleg yang masang foto/pamflet/selebaran atau apapun itu namanya dengan cara memakunya di pohon ! belum jadi anggota legislatif saja sudah ga peduli sama lingkungan. Gimana kalo beneran jadi?

Terlepas dari itu semua, mau anda memilih atau tidak, saya harap kita semua saling dukung dengan pemerintah terpilih nanti. Tanpa terkecuali. Meskipun itu adalah pemimpin yang buruk menurut anda. Mari kita dukung pemerintah ke arah yang lebih baik untuk Indonesia yang lebih baik lagi. Jika bukan kita yang mendukung, siapa lagi?

Budaya Barat

Di zaman sekarang ini, masuknya budaya-budaya asing sudah tak terhindarkan lagi. Terlebih teknologi yang sekarang semakin maju, sehingga makin memperbanyak celah masuknya budaya asing ke negeri ini.
Budaya Barat, istilah yang sering dipakai banyak orang. Dan kita terbiasa dengan budaya Timur, seperti dikejutkan dengan penetrasi budaya Barat yang begitu cepat masuk dan melebur ke dalam budaya Timur. Dan karena keterkejutan inilah yang membuat budaya Barat dipandang negatif oleh kita. Budaya Barat identik dengan kebiasaan yang jauh berbeda dengan Budaya Timur. Contohnya saja dalam hal berpakaian. Budaya Barat cenderung lebih terbuka, sedangkan budaya Timur lebih sopan dan tertutup.

Tapi apakah budaya Barat hanya membawa dampak negatif saja untuk budaya di Indonesia? Tidak semuanya. Ada,kok budaya Barat yang justru berdampak besar untuk bangsa Indonesia, diantaranya :

ilustrasi internet
Internet. Jika bukan karena bangsa Barat yang mengenalkan kita pada teknologi internet, mungkin kita sekarang masih jadi suku primitif. Kita tidak dapat info-info terbaru dari dunia luar. Tanpa internet mungkin kita tidak tau apa itu facebook, twitter, instagram, dll. 

Alat-alat transportasi. Budaya Barat juga mempengaruhi kemajuan dalam hal alat-alat transportasi. Pesawat terbang adalah salah satunya. Jika bukan karena bapa BJ Habibie yang belajar ke Jerman untuk membuat pesawat, mungkin kita hanya akan memakai kelotok saja untuk ke pergi ke luar pulau.
Dan masih banyak lagi hal-hal positif lainnya.

Kalo nyari pengaruh negatfinya budaya barat memang banyak, saya ambil sedikit contohnya :
hot pants


contoh baju berbelahan dada rendah. disensor ye :D
Pakaian. Budaya Timur identik dalam hal kesopanan. Bukan hanyar tingkah laku, tapi juga dalam hal berpakaian. Budaya Timur pakaiannya lebih tertutup dan sopan. Sedangkan budaya Barat lebih terbuka dan 'berani'. Yang jadi masalah adalah, orang-orang Timur mulai bergeser kebiasaannya dalam hal berpakaian. Mereka mulai mengikuti arus mode Budaya Barat. Termasuk di Indonesia. Budaya berpakaian ala Barat yang terbuka dan 'berani' ini sudah tidak asing lagi. Dan budaya ini sangat mempengaruhi perempuan, lihat saja banyak perempuan yang sudah berani memakai hotpants, bikini, baju-baju berbelahan dada rendah, celana ketat, baju yang seperti tidak muat untuk ukuran badan mereka, dll.
Padahal, menurut saya, hotpants itu ga cocok dipakai di Indonesia. Saya suka geli sendiri ketika ngeliat cewe yang PD sekali memakai hotpants saat matahari sedang bersinar terik. Orang lain sibuk nutupin badannya biar ga kepanasan, dia malah ngumbar-ngumbar paha. Bikin item paha putih aja jadinya.

geng motor lagi balapan
Geng motor. Dulu mana ada geng motor di Indonesia? paling juga geng sepeda roda tiga, kumpulan anak-anak balita yang main sepeda disekitar komplek. Itu pun jam 5 udah disuruh pulang sama emaknya. Geng motor ini juga salah satu contoh budaya barat yang meresahkan. Namun ada satu perbedaan mendasar diantara geng motor di Indo dengan yang ada di luar negeri. Kalo geng motor barat tunggangannya macam Harley Davidson dan sejenisnya, di Indonesia paling banter cuma Satria F yang knalpotnya dimodif sampe bikin kuping tuli. Saya membicarakan geng motor yang anarkis. Di kota saya,sih geng motornya kalem-kalem aja, ga ada yang sampai bikin rusuh orang lain.

Merk-merk Terkenal. Generasi zaman sekarang sangat berorientasi pada merk-merk yang terkenal produksi dari luar negeri. Yang harganya tentu saja tidak murah. Bahkan ada yang sampai jutaan hanya untuk selembar baju. Bukan hanya, tas, sepatu, topi, bahkan sendal kalo bisa harus beli dari produk luar negeri. Budaya Barat mulai menggerus kecintaan pemuda-pemuda di Indonesia akan produk lokal. Saya rasa produk lokal tidak kalah bagus dengan produk luar. Bahkan seharusnya kita lebih mengutamakan membeli produk lokal yang harganya jauh lebih murah daripada produk luar. Beli produk luar yang harganya selangit saja bisa, harusnya produk lokal yang harganya murah bisa juga, dong?hehehe

Nah itu tadi sebagian contoh dari dampak negatif budaya barat di Indonesia.
Sebenarnya apakah bisa kita mencegah Budaya Barat masuk ke Indonesia? jawabannya tidak. Karena kita mau tidak mau harus menerima budaya barat karena kita bangsa yang terbuka. Tapi tentunya kita bisa mencegah atau membatasi diri kita terhadap budaya barat yang masuk itu.

Masyarakat itu sendirilah yang sebenarnya bisa jadi kontrol untuk budaya barat. Jika masyarakat menganggap itu sebuah penyimpangan dari budaya yang kita anut selama ini, jangan bikin ngetop ! Yang membingungkan adalah ketika sudah tau itu tidak baik untuk budaya kita, masyarakat yang lain seolah-olah hanya mendiamkan saja  Tidak ada yang salah dengan budaya barat, jika kita bisa mengontrolnya. Yang salah adalah kita semua menyerap semuanya, yang baik diambil yang buruk kita sikat juga. Jika tidak bisa menjadi kontrol untuk masyarakat banyak, minimal menjadi kotrol untuk diri sendiri dulu. Karena jika bukan kita, siapa lagi?

Sekali lagi budaya barat tidak semuanya negatif, jika tidak ingin terjebak dalam budaya barat yang negatif, maka kita harus jadi kontrol yang baik untuk lingkungan sekitar kita.

Standup Comedy



Saya coba bahas salah satu genre komedi yang belakangan ingin jadi salah satu alternatif hiburan bagi masyarakat Indonesia.

Ditilik dari sejarahnya, akar standup comedy bermula di Benua Amerika pada tahun 1800an (sudah lebih dari 200 tahun). Pada saat itu hanya berkonsep seperti pementasan teater, judulnya "The Minstrel Show" yang diselenggarakan oleh Thomas Dartmouth Rice. Pada zaman itu belum ditemukan mic sehingga lawakan mereka lebih ke slapstick atau physical joke seperti yang lazim dilakukan acara-acara lawak di tv zaman sekarang.
Thomas Dartmouth "Daddy" Rice

Singkat cerita, akhirnya pada tahun 1959 setelah lebih dari 100 tahun kemunculannya, lahirlah sebuah acara televisi "The Steve Allen Show" yang menampilkan Lenny Bruce pada waktu itu. Lenny inilah yang menginspirasi George Carlin untuk menjadi seorang Standup Comedian, yang kemudian menginspirasi banyak Standup Comedian lainnya lahir seperti Chris Rock dan Jerry Seinfield.

Standup Comedi sendiri dapat diartikan sebagai Komedi Tunggal atau Lawakan Tunggal. Lebih jauh lagi, StandUp Comedi atau disingkat SUC adalah salah satu jenis komedi yang pelawaknya membawakan lawakannya di atas panggung seorang diri. Pelawaknya sendiri sering disebut Standup Comedian, Comic, atau Komika dalam bahasa Indonesia.

Di Indonesia, memang hanya beberapa tahun belakangan ini SUC mulai berkembang. Namun perlu diketahui bahwa SUC sudah ada di Indonesia sejak lama. Ramon Papana sering disebut 'ayah' dari SUC Indonesia, beliau diketahui yang pertama kali 'membawa' SUC ke Indonesia. Dengan membangun 'Comedy Cafe' beliau menyediakan tempat untuk siapa saja yang ingin mencoba open mic (istilah untuk latihan membawa materi SUC) di cafenya. SUC meledak ketika para penggagas SUCI (Standup Comedy Indonesia) menggebrak pada tahun 2011 lalu. Waktu itu Raditya Dika, Pandji Pragiwaksono, Ernest Prakasa, Ryan Adriandhi, Isman mengadakan Standup Show pertama mereka dan langsung diupload ke Youtube. Dan terus berkembang hingga sekarang. Sudah banyak komika yang lahir dalam 2 tahun ini, entah itu lahir dari sebuah kompetisi SUC atau dari Komunitas-komunitas lokal di daerah masing-masing.
Raditya Dika
Isman Hs
Prolognya lumayan panjang,ya. Mari masuk ke inti pembahasannya saja.

Saya ingin mengemukakan pendapat saya mengenai mitos dari Standup Comedi ini :

StandUp Comedi merupakan lawakan cerdas. 
Semua jenis komedi memerlukan orang yang cerdas, menurut saya. Tidak gampang membuat suatu lelucon apalagi membuat orang tertawa. Tiap pelawak sudah semestinya cerdas dalam hal lawakannya. Jadi, StandUp Comedi hanyalah salah satu dari sekian banyak lawakan cerdas. Lebih tepat jika mengatakannya seperti ini : "StandUp Comedi adalah lawakan yang BEDA". Mengapa berbeda? Ya karena materi dari standup komedi itu berasal dari sudut pandang orang yang membawakannya atau disebut Comic. Jadi saya bisa pastikan hampir semua materi comic SUC itu original. Karena sudut pandang orang tidak ada yang sama, jikapun ada yang sama dalam hal materi yang dibawakan, ada 2 kemungkinannya, pertama dia menjiplak komedian lain, atau dalam pemilihan sudut pandang sama. Hal lain yang membuat SUC cerdas adalah karena lawakan komedian Indonesia kurang berkualitas. Memanfaatkan kekurangan fisik seseorang, adegan jatuh-jatuhan, melempar bedak/tepung ke muka lawan main, mengeluarkan kata-kata kasar untuk mempermalukan orang lain adalah contoh-contoh lawakan pada zaman sekarang. Sehingga ketika orang melihat SUC muncul dengan lawakan yang berbeda dari biasanya, orang-orang langsung menganggap ini adalah lawakan cerdas.

StandUp Comedi adalah budaya barat yang tidak akan bertahan lama di Indonesia.
Penyataan seperti ini belumlah terbukti sampai sekarang, selama hampir 4 tahun sejak SUC pertama kali meledak, gaungnya masih terasa. Bahkan ada komika yang sudah melakukan StandUp Comedy Tour ke kota-kota di seluruh Indonesia. Penyataan ini cukup aneh menurut saya, mengapa harus menyalahkan budaya baratnya? Raditya Dika pernah bilang seperti ini : "Standup Comedi memang budaya barat, tapi itu formatnya. Sedangkan contentnya adalah content lokal. Sehingga orang nyambung dengernya" Saya kira itulah penyebabnya mengapa SUC di Indonesia sampai sekarang masih eksis.


Cewe Harus Tampil Modis ! Siapa Bilang?

Di mata lelaki, mereka tidak melihat cewe dari seberapa mahal barang yang dipakai seorang wanita. Karena buat lelaki, terutama yang pikirannya sama dengan saya, justru tidak peduli apakah itu barang bermerk atau bukan. Mahal atau tidak.
FYI aja, jika lelaki tau seorang wanita memakai barang ber merk, mereka bakal mundur terlebih dahulu sebelum mendekati wanita itu. Karena mereka tau wanita itu tidak setipe dengannya.
Lelaki tau mana wanita yang pantas dengannya, mana yang tidak. Dan lelaki harus tau resikonya jika memang mendapatkan wanita yang hobby memakai barang-barang mahal. Dia harus lebih memantaskan diri untuk wanitanya.

Kadang saya suka heran sendiri ada wanita yang mengeluh tidak bisa mendapatkan lelaki yang cocok untuknya. Mereka hanya memperhatikan dari wanita melihat lelaki, tetapi jarang memperhatikan dari sisi lelaki melihat si wanita. Kadang wanita menetapkan standar tinggi untuk pasangannya, karena merasa dirinya memang pantas mendapatkan lelaki seperti itu. Wajar, tapi lihat kondisi sekeliling dulu. Jika lingkaran pergaulannya hanya sebatas di lingkungan kantor/rumah, mungkin akan sulit. Ada, tapi sulit. Maka wanita janganlah mengeluh ketika tidak bisa mendapatkan lelaki yang mereka inginkan karena mereka sendiri hanya berada di kawasan yang bukan seharusnya.

Kembali ke sisi lelaki. Lelaki yang melihat wanita dengan standar tinggi dalam hal berpakaian, tidak akan mengejar wanita itu. Karena si wanita itu sendiri sudah terlalu jauh dari levelnya. Makanya kita tidak melihat lelaki yang berpakaian seadanya, bersama dengan wanita yang berpakaian semahalnya.


Wanita 1 Miliar
Lelaki menghendaki wanita yang diinginkannya berpenampilan apa adanya, tanpa perlu memakai barang-barang mahal. Karena barang mahal tidak akan membuat seorang wanita itu bertambah cantik. Apa yang ada di hatinya lah yang membuat lelaki tertarik. Tidak harus modis, tidak harus berpakaian minim. Wanita berpakaian minim jangan bermimpi mendapatkan lelaki yang soleh dan rajin solat. Karena bagi lelaki semacam itu melirik pun mereka tidak akan berselera. Tidak harus berjilbab, tidak harus berdandan tiap saat. Bagi lelaki, kesederhanaan dapat menunjukkan siapa wanita itu sebenarnya. 

Saya teringat salah satu ayat Al Qur'an yang kurang lebih artinya seperti ini :
"Lelaki yang baik untuk wanita yang baik. Dan lelaki yang tidak baik untuk wanita yang tidak baik"

Jadi tidak perlu modis, tidak perlu berlebihan dalam berdandan. Karena yang sederhana lebih memikat.